Senin, 29 Juli 2013

Nebosh Training adalah Kebutuhan

nebosh training
Nebosh Training yang dilaksanakan di Indonesia dengan mengacu pada standart - standart nebosh uk untuk nebosh training International General Certificate in Occupational Safety and Health dan nebosh training international Technical Certificate in Oil and Gas Operational Safety. Dan lulusannya yang bersertifikat Nebosh dipercaya oleh lebih dari 1000 perusahaan dari berbagai bidang. biayanya sich kisaran $300 -$600an deh, tergantung materi yang diberikan trus fasilitas selama training itu berlangsung.

Jadi murahkan jika dibandingkan hasil yang didapat serta kebutuhan nebosh training?


Menurut data dari Kantor Perburuhan Internasional ( ILO ) tahun 2005 yang memperkirakan bahwa diseluruh dunia setiap tahun 2.2 juta orang meninggal karena kecelakaan - kecelakaan kerja dan penyakit- penyakit akibat kerja. Dan kematian - kematian akibat kerja pun meningkat. Diperkirakan juga 270 juta kecelakaan - kecelakaan yang akibat kerja yang tidak fatal ( setiap kecelakaan paling sedikit mengakibatkan minimal 3 hari absen dipekerjaan ) dan 160 juta penyakit - penyakit baru akibat kerja.

Kebutuhan nebosh training dalam suatu perusahaan disebabkan karena kebutuhan karyawan dan pengusaha akan meningkatnya kepedulian akan K3 dalam perusahaan. Pernyataan komintmen dan penetapan kebijakan untuk menerapan sebuah Sistem Manajemen K3 dalam organisasi / perusahaan harus dilakukan oleh manajemen puncak. Persiapan Sistem Manajemen K3 tidak akan berjalan tanpa adanya komintmen terhadap system manajemen tersebut. Manajemen harus benar - benar menyadari bahwa merekalah yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan atau kegagalan penerapan Sistem K3. Komitmen manajemen puncak harus dinyatakan bukan hanya dalam kata - kata tetapi juga harus dengan tindakan nyata agar dapat diketahui, dipelajari, dihayati dan dilaksanakan oleh seluruh staf dan karyawan perusahaan. Seluruh karyawan dan staf harus mengetahui bahwa tanggung jawab dalam penerapan Sistem Manajemen K3 bukan urusan bagian K3 saja.

Dengan meningkatnya kebutuhan nebosh training maka harus mengatur kebutuhan sumber daya disini mencakup orang / personel, perlengkapan, waktu dan dana.


Orang yang dimaksud adalah beberapa orang yang diangkat secara resmi diluar tugas - tugas pokoknya dan terlibat penuh dalam proses penerapan. Perlengkapan adalah perlunya mempersiapkan kemungkinan ruangan tambahan untuk menyimpan dokumen atau komputer tambahan untuk mengolah dan menyimpan data. Tidak kalah pentingnya adalah waktu. Waktu yang diperlukan tidaklah sedikit terutama bagi orang yang terlibat dalam penerapan, mulai mengikuti rapat, pelatihan, mempelajari bahan - bahan pustaka, menulis dokumen mutu sampai menghadapi kegiatan audit assessment. Penerapan Sistem Manajemen K3 bukan sekedar kegiatan yang dapat berlangsung dalam satu atau dua bulan saja tetapi diharapkan menjadi kepedulian seumur hidupnya dengan nebosh training dan hazop training.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar