Kamis, 25 April 2013

Nebosh Training Aids

nebosh training
Nebosh training : Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departement Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Hal ini tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang pelindung diri. Alat Pelindung Diri (APD) adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya.

Bahaya selalu ada dilingkungan dimana kita melakukan pekerjaan, bentuk dan jenis bahaya bias bermacam - macam, misalnya benda tajam, benda jatuh, bahan kimia, kebisingan dan segudang potensi bahaya lainnya yang selalu mengintai keselamatan pekerja. Di nebosh training aids akan dibahas tentang berbagai peraturan baik international seperti OSHA dan local seperti peraturan pemerintah atau mentri mewajibkan perusahaan untuk melindungi pekerja dari bahaya ditempat kerja yang dapat menyebabkan cidera atau kematian. Pada bagian ini kita akan membahas tentang perlindungan pekerja dengan menggunakan alat pelindung diri (APD). APD merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindungi pekerja setelah cara - cara lain tidak bisa lain tidak bisa menghilangkan potensi bahaya yang ada, seperti cara rekayasa engineering, eliminasi sumber bahaya dan control administrative diterapkan. Meskipun APD merupakan tahapan terakhir dari system perlindungan terhadap bahaya, namun APD merupakan faktor yang sangat penting dalam system perlindungan pekerja, jika anda atau perusahaan peduli akan semua itu belajarlah bersama pada kelas nebosh training aids.

Manajemen / nebosh training diwajibkan memberikan training penggunaan APD bagi pekerja. Pekerja harus diberi pelatihan untuk mengetahui setidaknya hal-hal berikut:


  • Kapan APD diperlukan
  • APD jenis apa yang diperlukan
  • Bagaimana cara memakai dan melepaskan APD secara benar
  • Keterbatasan APD
  • Perawatan yang tepat, masa pakai dan cara pembuangan APD

Manajemen harus memastikan bahwa setiap pekerja sudah memahami dengan baik serta mampu memakai APD secara tepat sebelum mereka melakukan tugas pekerjaan yang membutuhkan APD. Jika diketahui bahwa pekerja belum mampu menggunakan APD secara benar maka harus dilakukan pelatihan ulang baik oleh nebosh training maupun yang lain. Pelatihan ulang juga harus dilakukan jika pekerja dipindahkan kearea kerja yang berbeda dengan APD yang berbeda atau jika terjadi penggantian jenis APD dengan teknologi yang berbeda.

Setiap training yang dilakukan oleh nebosh training sebaiknya didokumentasikan dengan baik. Penting bukan memahami tentang bagaiman pentingnya APD yang ada di lingkungan kerja, oleh karenanya penting juga untuk mengikuti nebosh training aids.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar