Rabu, 23 Januari 2013

Nebosh Training Bidang Crane

nebosh training
Nebosh training: Apa sich yang dimaksud dengan crane? Dan kenapa penting dilaksanakan pelatihan berstandart internasional yang disebut dengan nebosh training crane tersebut? untuk yang berkecimpung di dunia konstruksi / pembangunan / pekerja lapangan mungkin sudah tidak asing dengan alat yang disebut crane. Crane adalah alat pengangkat yang biasa digunakan didalam proyek konstruksi. Cara kerja crane adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara horizontal, kemudian menurunkan material ditempat yang diinginkan.


Beberapa tipe crane yang umum dipakai ketika nebosh training adalah :

  • Crane Beroda Crawler
Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 3600. dengan roda crawler maka crane tipe ini dapat bergerak didalam lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya.
  • Truck Crane
Crane jenis ini dapat berpindah tempat dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa bantuan dari alat pengangkutan. Tetapi bagian crane harus dibongkar dahulu sebelum dipindahkan.
  • Crane untuk Lokasi Terbatas
Crane tipe ini diletakan di atas dua buah as tempat kedua as ban bergerak secara simultan. Dengan kelebihan ini maka crane jenis ini dapat bergerak dengan leluasa.
  • Tower Crane
Tower crane merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat material secara vertical dan horizontal kesuatu tempat yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas.

Dengan penjelasan diatas sudah bisa dibayangkan bagaimana besar dan beratnya crane tersebut, dan dapat dibayangkan pula pengoperasiannya yang membutuhkan keahlian dan kehati - hatian yang tinggi dan resiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi pada operator crane ataupun orang - orang disekitarnya. Hal tersebut yang mendorong diadakannya nebosh training crane yang mempunyai sertifikasi dan kualifikasi internasional.

Yang bertujuan untuk menginstruksikan orang dalam penggunaan crane kontrol di bengkel atau gudang, dan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk operasi yang aman dari crane overhead.

Penerapan praktek kerja yang aman dan sesuai dengan undang-undang khusus adalah parameter di mana setiap nebosh training disampaikan


Siapa yang wajib mengikuti nebosh training crane ?. semua aspek dalam lingkungan kerja yang berhubungan dengan crane sebagai alat bantu kerjanya terutama operator pelaksana atau pengguna alat berat tersebut dan semua aspek yang ada di lingkungan tersebut yang peduli akan keselamatan dan kesehatan kerja diri sendiri dan orang-orang di sekelilingnya.

Diharapkan setelah mengikuti semua materi yang diberikan ketika nebosh training dan lulus dalam ujian yang dilaksanakan serta mendapatkan sertifikasi resmi dari nebosh, peserta tersebut akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dan mampu menerapkan ilmu yang didapatkan dalam :
  • Menetapkan bobot dan dimensi beban dan mengkomunikasikan informasi ini kepada operator crane
  • Memilih mengatasi mengangkat yang tepat, melampirkan dan memisahkan dengan benar
  • Mengarahkan tindakan crane memindahkan beban berat yang bervariasi dan dimensi, memberikan sinyal yang jelas dan tidak ambigu
  • Menentukan serviceability mengangkat menangani, memelihara dan menyimpannya dengan benar
  • Efek gerakan beban pada stabilitas crane
  • Potensi bahaya yang terkait dengan pengoperasian crane dan cara mengatasinya
  • Dan lain sebagainya. Karena itulah tujuan utama diadakannya nebosh training dalam bidang crane. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar